Pindah Gigi Tak Perlu Injak Persneleng

Teknologi yang ada di motor-motor produksi India sebenarnya sedikit lebih maju dibanding dengan brand lainnya. Seperti speedometer full digital, lampu led, lampu di saklar, dan lain-lain. Yang terbaru adalah teknologi perpindahan gigi yang sudah tidak lagi mengharuskan pengguna sepeda motor menginjak persneling dan menekan tuas kopling. Pengguna tinggal memencet tombol yang ada di saklar untuk perpindahan giginya.

Diajukan februari 2009, pihak TVS mengajukan hak paten yang bernama Semi Automated Manual (SMT). Teknologi SMT ini berbeda dengan transmisi motor konvensional lainnya. Jika pada motor transmisi manual konvensional menggunakan tuas pemindah gigi di sebelah kiri maka motor dengan transmisi ini menggunakan tombol pemindah gigi di setangnya, semacam tambahan saklar, jika mau pindah gigi tinggal pencet tombol ”+/-” tanpa tekan tuas kopling. Nantinya perpindahan gigi akan diatur secara elektronik dan terhubung melalui aktuator.

“Rakitan gearshift ini memberikan kemudahan dalam mengganti gigi karena pengendara tidak harus mengeluarkan banyak kekuatan atau membuat gerakan-gerakan kaki. Selanjutnya, karena tidak adanya penggunaan tuas persneling di kaki, insiden slip kopling bisa dihindari. Oleh karena itu, tidak akan ada pemborosan bahan bakar karena slip kopling. Ini memberikan efisiensi bahan bakar 2-5 persen dalam penggunaan perkotaan,” kata TVS dalam pengajuan paten."

Entah nanti mau dipasang di motor yang mana juga belum ada yang mengetahui. Kita tinggal menunggu saja kabar baiknya.

Baca ini juga Guys:

2 Tanggapan untuk "Pindah Gigi Tak Perlu Injak Persneleng"

  1. enak banget gak pake injek persneleng, selama ini gak pernah mau motor yg pake gigi, meski kata suami lbh aman itu dibanding matic :-)

    maklum emak2 senengnya lgsg gas tangan

    BalasHapus
  2. Mirip mobil Formula 1 dong. Asik tuh saya juga pernah pake mobil yang persnelengnya distirnya. Jalan menanjak tinggal tekan tombol minus langsung pindah ke gigi 2 maupun 1

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silahkan berikan komentar terkait artikel diatas.