Cara Mencuci Rantai Motor Sendiri

Hari ini saya iseng-iseng mencuci rantai motor yang sudah kotor. Awalnya saya sebenarnya ingin mencuci jok motor yang kena kotor kaki kucing yang tidur diatas jok. Tapi ternyata melihat rantai kotor akhirmya memutuskan untuk sekaligus mencuci rantainya biar bersih. sudah lama sekali rantai motor saya ini tidak saya bersihkan dan pasti banyak sekali kotorannya.

Benar saja ternyata rantai motor ini sangat kotor sekali. Apa penyebab rantai motor kotor? Penyebab rantai motor kotor adalah karena menempelnya debu-debu dan kotoran yang lain karena pelumas yang menempel di motor. Pelumas yang diberikan ke rantai sangat mudah sekali ditempeli oleh debu di jalan yang kita lewati setiap hari.

Apa yang dipersiapkan untuk mencuci rantai motor sendiri?
Untuk membersihkan rantai motor memang banyak sekali pilihan yang bisa kita lakukan, ada yang mencuci cukup dengan air dicampur dengan sabun, ada yang memakai bensin, dan lain-lain. Saya memutuskan mencuci rantai motor saya dengan menggunakan air yang saya campur dengan detergen. Jadi yang perlu kita persiapkan tentu saja air, detergen, sikat gigi dan sikat cuci.

Langkah membersihkan rantai motor sendiri
1. Buka penutup rantai
Siapkan obeng untuk membuka penutup rantai baik di sekitar gear yang belakang maupun gear yang  depan. Berikut ini penampakan betapa kotornya rantai motor saya karena sudah lama sekali tidak dibersihkan.

2.Campurkan Air dan detergen ke dalam wadah

3. Sikat rantai menggunakan cairan yang sudah kita persiapkan

4. Setelah selesai disikat kemudian rantai dikeringkan dan diberi pelumas, berikut hasil setelah dicuci

Rantai yang bersih ternyata merupakan salah satu pendukung sepeda motor menjadi nyaman dikendarai, dan tentu saja lebih nyaman dipandang mata. Jadi, silahkan bersihkan rantai motornya sendiri ya kalau sudah tahu caranya.

Baca ini juga Guys:

2 Tanggapan untuk "Cara Mencuci Rantai Motor Sendiri"

  1. Aku matic..jd bbrp taon terakhir bebas dari acara bersih2 rantai motor

    BalasHapus
  2. Gara2 baca disini
    Cara cuci rantai motor sendiri
    Aku jadi mengamati motor tadi pagi
    Dan tersenyum dan senyum lagi..

    :)

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silahkan berikan komentar terkait artikel diatas.