Mengatasi Motor Macet Terkena Banjir

Mendapati motor yang macet terkena banjir memang sungguh merupakan hal yang menjemukan sekaligus membuat pening jika kita tidak pernah tahu tentang mesin sepeda motor. Hal ini saya alami sendiri Senin kemarin ketika pulang menjemput adik saya di Ungaran. Perjalanan dari Ungaran lancar jaya, setelah sampai di Karangawen ternyata ada tanggul yang jebol dan otomatis jalan jadi banjir sampai diatas lutut.

Karena percaya diri memakai motot sport yang letak businya tinggi sekaligus posisi knalpot juga tinggi, saya memaksakan diri untuk tetap mengendarai motor saya  melibas banjir. Alhamdulillah perjalanan lancar jaya, sayang sekali karena ini merupakan pengalaman pertama kali melewati banjir ketika sudah hampir menuju lokasi yang tidak terkena banjir ternyata motor saya ngadat. Terpaksa saya menuntun motor yang macet sampai tempat yang kering.

Bagaimana mengatasi motor yang macet terkena banjir?

Coba starter berulang-ulang ternyata gagal, kemudian saya dikasih tahu oleh salah seorang sopir truk yang tidak berani menerobos banjir. Saya diminta untuk melepas kop busi, kemudian meniupnya dengan mulut saya. Benar, setelah saya buka kop busi motor saya ternyata terkena basah oleh air banjir. Cengkeramannya kurang kuat berarti ini kop busi atau saya yang kurang pengalaman melewati banjir.

Setelah kering, kemudian saya pasang kembali kop busi yang sudah saya lepas tadi, Pancal sekali saja langsung nyala itu mesin motornya. Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada sopir truk yang sudah memberi tahu saya tadi. Perjalananpun saya lanjutkan tanpa ada halangan lagi.

Nah, jika bro/sis mengalami hal seperti diatas, jangan panik dulu. Jika motor macet/mogok ketika terkena hujan atau banjir pastikan tetap tenang dan ambil tindakan seperti yang sudah saya lakukan diatas. Jika kop busi sudah lama dan aus, maka sudah saatnya diganti dengan yang baru. Semoga aman di jalan.

Baca ini juga Guys:

2 Tanggapan untuk "Mengatasi Motor Macet Terkena Banjir"

  1. wah bermanfaat banget tipsnya mas, terimakasih udah berbagi tips cara mengatasi motor macet karena banjir :)

    BalasHapus
  2. ini berarti yang bukan kebanjiran parah ya kang bro,,,alias banjir kecil dan motor tidak kerendem semua,nah beberapa hari yang lalu motorku sampek tinggal keliatan jok nya doank...untung ada bengkel sekitar kantor saya..tapi ini info bermanfaat paastinya..makasih lho

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silahkan berikan komentar terkait artikel diatas.