Mengatasi Kabel Gas Putus pada TVS Apache

Kabel gas TVS Apache tidak seperti kabel gas pada motor yang laen. Perbedaan ini terletak pada percabangan pada kabel gas TVS Apache yang pada motor laen tidak ada. Percabangan kabel gas pada motor TVS Apache menuju ke karburator dan ke sensor RTR (Racing, Throttle, Response). 

Yang menjadi masalah adalah ketika kabel gas satu dibagi menjadi dua inilah yang akhirnya menjadikan kabel gas TVS Apache mudah putus. Bukan pada kabelnya sih putusnya, tapi pada sambungannya yang hanya terbuat dari bahan plastik/atom, bukan baja. 

Kabel gas putus pada TVS Apache akhirnya menimpa juga di motor saya. Padahal, usia motor saya belum ada satu tahun. Putusnya kabel gas ini untungnya tidak waktu saya ajak jalan, tapi ketika berada di rumah dan dibuat main-main oleh anak-anak. 

Bagaimana mengatasi kabel gas TVS Apache yang putus? 

Kita bisa mengatasinya dengan menggunakan kabel gas motor Tiger untuk sementara waktu. Tapi ingat, penggunaan kabel gas motor Tiger ini nantinya akan menonaktifkan fungsi sensor RTR karena tidak ada kabel ke sensor tersebut. Kabel motor Tiger hanya menuju ke karburator saja. 

Jika ingin tetap menghidupkan sensor RTR maka caranya adalah beli kabel gas TVS Apache yang baru. Hal inilah yang masih menjadi kendala, tidak semua toko sparepart menyediakan. Kita bisa membeli ke dealer TVS terdekat, atau ke SOLUSI SPAREPART TVS, kemudian pasang. 

Karena saya tinggal jauh dari  lokasi dealer TVS dan harus menunggu jika beli ke Solusi Sparepart maka akhirnha saya putuskan untuk menyambung kabel gas yang putus menggunakan kawat. Masalahnya tidak sampai disini, ini merupakan tindakan nekat saya untuk menyambung sendiri. 

Setelah berusaha membongkar kabel gas yang putus dan menyambung menggunakan kawat. Akhirnya kabel gas TVS Apache saya berhasil saya atasi. Alhamdulillah sensor RTR juga masih tetap berfungsi. 

Baca ini juga Guys:

1 Tanggapan untuk "Mengatasi Kabel Gas Putus pada TVS Apache"

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silahkan berikan komentar terkait artikel diatas.