Bangga tidak Mengenakan Helm, Pria ini di bully di Grup Facebook

Keamanan dan kenyamanan dalam berkendara sudah seharusnya menjadi prioritas bersama ketika kita sudah berada di jalan raya. Selain menjaga diri kita, hal ini juga sebagai bagian bahwa kita juga peduli terhadap orang lain dengan cara ikut menjaga keselamatan bersama. Bahasa sederhananya adalah bahwa jika kita tidak bisa menyelamatkan orang lain, maka jangan membuat orang lain celaka. 

Hari ini saya sibuk mengamati dan mengomentari salah satu postingan di salah satu grup facebook. Gambar dan mention yang diposting oleh anggota ini memyebutkan bahwa orang ini bangga tidak mengenakan helm yang merupakan benda penting dalam menjaga keamanan ketika mengendarai sepeda motor. Pria ini menyebutkan bahwa dia tidak suka mengenakan helm ketika berangkat kerja, bahkan ketika melakukan free style juga tidak mengenakan helm. 

Tentu saja berbagai reaksi terhadap postingan ini kemudian ramai. Komentar terhadap pernyataan ini tentu saja bertolak belakang dengan apa yang diutarakan orang ini. Dari komentar yang saya baca, ada yang menggunakan bahasa sopan sampai membully dengan dengan mengingatkan secara gamblang. Bahkan, ada yang sampai menyertakan gambar sebagai penguat pernyataan bahwa mengenakan helm ketika berkendara adalah hal utama. 

Saya tertarik sekali dengan salah satu komentar yang menyertakan gambar yang memperlihatkan seorang laki-laki muda dengan jahitan diatas telinga sedang disuapi oleh tangan keriput yang saya simpulkan adalah ibunya. Bagaimana caption gambar ini? "I won't wear a helmet, it makes me look stupid" terjemah sederhananya setahu saya adalah "saya tidak mau mengenakan helm, hal itu hanya membuat saya terlihat bodoh" 

Persis sekali dengan apa yang diutarakan oleh pengunggah ini. Banyak orang yang lebih mementingkan egonya dibanding keselamatan dirinya sendiri dengan mengorbankan diri sendiri. Padahal penggunaan helm adalah sebagai pelindung kepala yang didalamnya berisi otak. Otak merupakan organ fital sehingga Allah sering menyebutkan dalam Al Qur'an "apakah kamu tidak mau berpikir?" 

Begitu pentingnya helm ini sampai ketika saya membuka grup Helmet Lovers di facebook, asa sebuah gambar menarik yang diunggah salah satu anggotanya. Pada gambar ini diperlihatkan 3 helm dengan kardus merk Arai, sedangkan helmnya ditempel merk KYT. Helm ini digunakan oleh pembalap Indonesia yang berlaga di All Japan Championship. 

Masih bangga tidak mengenakan helm? 

Butuh kesadaran dan penyadaran kepada pengendara agar lebih sayang terhadap diri sendiri dan pengendara lain. Mari cintai diri kita dengan membudayakan safety riding agar aman di jalan. 

Baca ini juga Guys:

1 Tanggapan untuk "Bangga tidak Mengenakan Helm, Pria ini di bully di Grup Facebook"

  1. menggunakan helm saat berkendara emang sangat penting,setuju juga sama kata-kata yang tertera dalam gambar :)

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, silahkan berikan komentar terkait artikel diatas.